Spesifikasi Nokia C2 Terbaru Smartphone Dengan Android Go

Kabar baru di awal tahun 2020. Baru-baru ini HMD Global sebagai pemegang lisensi resmi brand ponsel Nokia, secara resmi memperkenalkan satu smartphone entry-level series terbaru yang yang diperuntukkan untuk kalangan menengah kebawah.

Tanpa ada perilisan secara resmi, hadirnya Nokia C2 diumumkan oleh Juho Sarvikas selaku Cheif Product Officer (CPO) HMD melalui akun twitternya. Juho selaku CPO  menuliskan ,”Nokia C2 akan menjadi (ponsel) 4G dengan harga terjangkau untuk pasar tertentu”. Ponsel berbasis android itu dinamakan sebagai Nokia C2 sebagai sekuel dari dari Nokia C1 yang ditenagai khusus oleh Android 9.0 Pie Go Edition.

Ponsel ini pada dasarnya untuk orang-orang yang hanya membutuhkan ponsel murah dan dapat digunakan untuk mengerjakan tugas sehari-hari dengan fitur yang lebih sedikit. Karena kebanyakan orang tidak menggunakan semua fitur pada Android dan aplikasi, mereka menggunakan telepon hanya untuk melakukan panggilan dan mengobrol melalui pesan singkat. Nokia C2 juga bisa menjadi solusi kamu yang tidak punya cukup uang untuk membeli smartphone 2GB RAM.

Mari kita bahas spesifikasi Nokia C2 berdasarkan situs resmi nokia di Nokia.com.

Layar

Jika dilihat sekilas, Nokia C2 tampak mirip  dengan pendahulunya. Hanya saja, ada sejumlah peningkatan spesifikasi yang membekali ponsel murah ini.  Karena Nokia C2 merupakan ponsel Android Go, spesifikasinya pun dibuat minimalis dan lebih oke.

Dari segi layar, layar Nokia C2 sudah di upgrade menjadi resolusi HD+ yakni 720 x 1440 pixels dengan panel IPS touchscreen yang memiliki 16 juta warna dan mengusung layar lebih besar yakni 5,7 inci tanpa perlindungan tambahan. Meskipun tampak ringkas, namun Nokia C2 dapat diandalkan karena memiliki aspect ratio 18:9 serta memiliki bezel atas dan bawah yang cukup tebal.

Desain

Desain Nokia C2 dibuat untuk kenyamanan penggunaan sehari-hari. Desain menarik yang diciptakan sangat sederhana untuk mengatasi benturan tanpa sengaja yang terjadi dan dengan adanya penutup polikarbonat (dengan rincian kaca di bagian depan, plastik di bagian belakang dan pelindung plastik) menghasilkan hasil akhir yang memukau.

Sebagai tambahan, penutup yang dapat dilepas memberimu akses lebih mudah untuk mengecek kondisi baterai jika kamu membutuhkannya. Sayangnya ponsel ini tidak dilengkapi dengan sensor fingerprint .

Berdasarkan laman resmi Nokia, Nokia C2 hadir dengan dua pilihan warna yang membuatnya terlihat mewah, yaitu Cyan dan Black dengan dimensi 154,9 x 75,59 x 8,85 mm (6,09 x 2.98 x 0,35ni ) dan berat 161 gram .

Prosesor Dan Memori

Dari segi hardware, Nokia C2 dilengkapi oleh prosesor chip quad-core (Unisonic) dengan kecepatan 1,4 GHz. Nokia C2 juga memiliki RAM yang diusung hanya 1 GB dengan kapasitas media penyimpanan 16 GB. Penyimpanan internal masih bisa ditambahkan  lagi dengan kartu micro SD hingga 64 GB pada slot yang disediakan.

Kamera

Bagi kamu yang suka dengan fotografi, ponsel ini memiliki konfigurasi  kamera yang sama yakni, satu kamera depan dan satu kamera belakang. Kamera depan memiliki resolusi 5 MP dan kamera belakang memiliki resolusi 5 MP f/2.2 autofocus yang sama-sama disertai dengan LED flash. Kalau boleh jujur, kamera dengan resolusi 5 MP ini dinilai sangat kurang untuk ponsel pintar masa kini yang memiliki resolusi kamera 10 MP sampai dengan 13 MP.

Baterai

Memiliki layar yang lebih besar, Nokia C2 dibekali kapasitas baterai yang lebih pula yakni 2800 mAh. Baterai ponsel ini adalah jenis baterai removable atau bisa dilepas dengan proses pengecasan 5V/1A kompatibel. Daya tahan baterai lebih lama yakni sepanjang hari.

Sistem Operasi

Sistem Operasi yang digunakan oleh smartphone ini adalah Android 9 Pie (edisi Go). Menurut pihak Google, sistem operasi Android 9 Pie (edisi Go) ini sudah dioptimalkan untuk menjalankan smartphone khususnya Nokia C2 dengan kapasitas Ram 1 GB atau bahkan di bawahnya dengan lancar. Dengan adanya edisi “Go” membuat smartphone hemat dalam mengkonsumsi kapasitas RAM maupun penyimpanan memori internal.

Pihak HMD Global dan Google Go menjanjikan bahwa Nokia C2 akan langsung mendapatkan update sistem operasi terbaru setelah Android 10 (Edisi Go) resmi dirilis ke pasaran.

Konektivitas

Fitur konektivitas yang usung oleh Nokia C2 adalah Bluetooth 4.2, Nokia C2 juga memiliki port USB (USB 2.0) didukung dengan single  SIM dan dual SIM dengan tipe SIM card Nano SIM. Untuk pengisian ulang baterai, ponsel ini masih mengandalkan Jack audio 3.5 mm dilengkapi dengan speaker yang jernih dan jelas dan FM Radio jika kamu ingin mendengarkan siaran radio dengan 1 mikrofon.

Kecanggihan lainya yang ditawarkan oleh Nokia C2 adalah memiliki sensor cahaya sekitar, sensor jarak dan sensor percepatan (G-sensor). Ponsel ini juga dilengkapi tombol khusus untuk mengakses Google Assistant yang berfungsi untuk memudahkan pengguna untuk dapat melakukan berbagai hal dengan mudah tanpa perlu membuka kunci layar ponsel.

Untuk fitur pesan sendiri ponsel ini mendukung SMS (dengan tampilan bergulir), MMS, Email, Push Email dan IM

Jaringan

Ponsel pintar ini menyediakan Wifi 802.11,GPS/AGPS, dengan kecepatan jaringan HSPA 42.2/5.76 Mbps,  LTE Cat 4 atau 4G 150/150 Mbps. Sangat berbeda dengan pendahulunya yang masih menggunakan 3G. Bisa dibilang jaringan 4G menjadi suatu keharusan sebuah ponsel masa kini karena ponsel dengan kecepatan koneksi internet jelas lebih diperhitungkan. Terdapat perbedaan cakupan sinyal untuk beberapa daerah.

Berdasarkan situs resmi Nokia, Nokia C2 mempunyai cakupan sinyal GSM,HSPA, dan LTE. Cakupan sinyal yang dimiliki ponsel ini untuk beberapa wilayah itu berbeda. Misalkan untuk wilayah Afrika, Timur Tengah dan Asia Pasifik mempunyai cakupan sinyal   GSM: 850, 900, 1800, 1900 | WCDMA: 1, 5, 8 | LTE: 1, 3, 5, 7, 8, 20, 28, 38, 40, 41. Sedangkan cakupan sinyal untuk wilayah Saudi Arabia adalah  GSM 900, 1800 | WCDMA: 1, 8 | LTE: 1, 3, 5, 8, 28, 38, 40, 41. Untuk wilayah Indonesia atau Asia Tenggara belum ada informasi resmi yang dirilis.

Harga

HMD Global belum mengumumkan secara pasti terkait informasi harga namun kemungkinan aka  berkisar di 100$ atau sekitar 1,4 juta Rupiah. Ponsel Nokia C2 ini akan tersedia di wilayah Afrika, Asia Pasifik, Timur Tengah dan Saudi Arabia. Dengan status coming soon, informasi yang beredar smartphone ini akan diluncurkan pada bulan April  2020. Menurut kamu, apakah ponsel Nokia C2 ini akan hadir di Indonesia? Mengingat pendahulunya bisa cukup laris manis di tanah air.
Beberapa ulasan mengenai ponsel ini, ada konsumen yang setuju dengan ponsel ini karena tidak semua konsumen menggunakan fitur yang tersedia di ponsel canggih mereka. Beberapa lagi berpendapat bahwa ponsel ini sesuai untuk harga yang diperkirakan hanya $100.