Begini Cara Membutikan Handphone BM (Black Market) Atau Bukan Dengan Kode IMEI

by -29 views

Cara Membutikan Handphone BM (Black Market) Atau Bukan Dengan Kode IMEI – Handphone merupakan barang wajib yang harus dimiliki saat ini. Banyak orang rela mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk membeli handphone yang diinginkan. Setiap handphone dengan brand apapun pasti memiliki kode IMEI (International Mobile Equipment Identity).

Kode IMEI ini sifatnya unik artinya kode antara handphone satu dengan lainnya pasti berbeda. Kode IMEI ini terdiri dari 16 digit angka. Kode IMEI ini memiliki banyak fungsi, bahkan kita dapat mengecek apakah handphone yang kita gunakan asli (resmi) atau BM (palsu)  menggunakan kode IMEI. Kode ini digunakan agar handphone tidak dapat disalah gunakan oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab.

cara cek imei

Salah satu fungsi lain dari kode IMEI ini yaitu dapat digunakan untuk melacak posisi keberadaan handphone, ketika hilang atau dicuri orang. Jadi kode IMEI ini mempunyai peranan yang sangat penting. Buat Anda yang ingin membeli handphone hendaklah lebih berhati – hati dan teliti.
Kementrian perindustrian menyatakan akan memblokir peredaran handphone ilegal atau biasa disebut handphone black market (BM) di Indonesia. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan kode IMEI handphone, untuk hal itu pemerintah harus mempunyai data nama – nama perangkat yang dinyatakan ilegal.

Pemerintah untuk saat ini memiliki data base yang berisikan daftar nomor IMEI dari handphone yang telah masuk secara resmi ke Indonesia. Wacananya perangkat handphone ilegal tidak akan dapat mengaktifkan jaringan operator di Indonesia. Saat ini mesin Device Identification Registration and Blocking system atau biasa disebut DRBS masih dalam pengembangan sambil menunggu rampungnya pembahasan dasar hukumnya.

Penerapan kebijakan pemerintah ini tentang aturan IMEI oleh tiga kementerian yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo), Kementrian Perindustrian (Kemenperin) dan Kementrian Perdagangan (Kemendag). Wacananya aturan ini akan terapkan pada Agustus tahun 2019. Rencana kebijakan ini dibuat dengan tujuan menurunkan minat calon pembeli handphone BM atau palsu.

Cara Membutikan Handphone BM (Black Market) Atau Bukan Dengan Kode IMEI
Kode IMEI ini dimanfaatkan untuk melakukan pengecekan, jika nomor IMEI tidak terdaftar dapat dipastikan bahwa kemungkinan handphone tersebut BM atau ilegal. Berikut ini cara mengecek handphone yang Anda gunakan BM atau asli, dengan cara mengecek kode IMEI.

Langkah pertama pengguna dapat melihat kode IMEI di dus perangkat, atau pengguna bisa menekan tombol *#06# di handphone Anda.

Bagi pengguna handphone brand Samsung dapat mengecek kode IMEI dengan cara mengklik setting > cari About phone (tentang ponsel) >  cari kode IMEI, namun tak jarang kode ini tersembunyi di menu lainnya.

Bagi pengguna handphone brand Xiaomi kode IMEI dapat dicek dengan cara cari menu Setting > cari About Phone > cari Status >  kode IMEI.

Bagi pengguna Iphone dapat mengecek kode IMEI dengan cara masuk ke menu setting (pengaturan) > General (umum) > About, kode IMEI nantinya akan muncul dihalaman tersebut.

Selanjutnya pada beberapa handphone akan muncul tampilan dengan rincian nomor IMEI dan informasi serial dari handphone tersebut.

cara cek imei

3. Selanjutnya pengguna melakukan pengecekan kode IMEI ke laman kementrian perindustrian (kemenperin) dengan mengakses situs www.kemenperin.go.id/imei. Pada halaman tersebut pengguna diminta untuk memasukkan kode IMEI, kemudian pada halaman ini akan muncul informasi mengenai status legalitas handphone tersebut.

Selain menggunakan kode IMEI sebenarnya terdapat beberapa cara lain untuk membedakan handphone asli atau BM (palsu). Cara yang dapat dilakukan antara lain cek kardus, Anda dapat memeriksa dengan mencari stiker IMEI. Jika terdapat keterangan bahwa produk dirakit atau diproduksi di Indonesia maka dapat dipastikan handphone tersebut bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *