Apa Itu Google Play Services? Pengertian Dan Fungsinya

by -15 views

Apa Itu Google Play Services?Pengertian Dan Fungsinya – Jika Anda menggunakan smartphone yang ada layanan Google nya maka pasti ada juga yang namanya google play services. Namun apakah sebenarnya google playservice ini serta apakah kegunaannya bagi kita, apakah memberikan manfaat atau hanya sekedar aplikasi yang melengkapi layanan google? Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian Google Play Services serta fungsi atau kegunaan Google play services tersebut.

apa itu google play services

Apa Itu Google Play Services?

Google play services merupakan aplikasi yang secara default akan terpasang di semua perangkat android yang menggunakan layanan google. Secara otomatis Google play services juga akan melakukan pembaruan dengan rutin serta membutuhkan izin yang lumayan banyak seperti akses dan control sms, akses ke semua informasi dari aplikasi google serta akses ke data sensitive. Dengan kata lain Google play services merupakan aplikasi yang erat kaitannya dengan sistem android.

Fungsi Google Play Services

Kegunaan dari Google play services ini adalah diantaranya memungkinkan sebuah smartphone agar mendapatkan manfaat dari aplikasi versi terbaru tanpa harus menunggu sebuah pembaruan di OS Android. Komponen ini juga menyediakan layanan fungsi otentifikasi google service, sinkronisasi kontak dan akses dengan semua pengaturan pribadi. Google play services juga dapat meingkatkan pengalaman aplikasi user itu sendiri seperti mempercepat pencarian offline, meningkatkan pengalaman gaming serta mempercepat pencarian peta yang lebih detail. Sebelum adanya google play service, aplikasi biasanya akan diperbarui ketika OS Android sedang diperbarui. Dengan adanya Google play services ini kit atidak perlu lagi menunggu pembaruan google maps karena secara otomatis layanan pembaruan akan berlangsung dengan sendirinya.

google play services

Namun sisi negative nya tidak semua aplikasi dapat merasakan manfaat yang diberikan oleh layanan Google play services ini, hanya sebagian besar aplikasi saja yang disertai dengan layanan Google play services ini seperti aplikasi buatan Google saja yaitu Gmail, Google+ serta Google play. Sisi negative yang lainnya adalah imbasnya pada daya baterai dari smartphone kita. Hal ini karena prinsip kerja dari Google play services yang berada di belakang layar. Google play services dapat menghabiskan sampai 50% baterai smartphone bahkan dalam beberapa kasus bisa sampai menghabiskan 80% dari daya baterain smartphone kita.

Kemudian ada beberapa pertanyaan lain atau ide baru yang muncul di benak kita adalah dengan cara menghapus Google play services ini saja. Namun hal yang perlu kita ketahui di sini adalah pasalnya semenjak android yang versi Lollipop ke atas secara default atau sistem Google play services ini tidak bisa dihapus. User hanya bisa menonaktifkannya saja tanpa menghapusnya sama sekali. Fatalnya jika kita memaksa untuk menghapus Google play services ini maka aplikasi yang kiranya membutuhkan Google play services untuk bekerja menjadi tidak berjalan secara normal, bahkan bisa jadi aplikasi tersebut menjadi tidak bekerja.

Namun jika kita tetap ingin menonaktifkan layanan Google play services ini berikut caranya: buka menu settings > pilih applications > slide ke tab all > cari google play services > pilihlah disable. Yang perlu digarisbawahi adalah cara ini bisa dilakukan hanya ketika kita ingin menghemat daya baterai untuk beberapa saat misal jika kita memang sedang pergi di luar rumah dan lupa membawa charger ataupun power bank, namun konsekuensinya jika kita menonatifkan layanan ini maka seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu kita tidak dapat secara maksimal menggunakan aplikasi yang membutuhkan Google play services.

Demikian merupakan beberapa penjelasan secara singkat mengenai apa itu Google play services yang meliputi pengertian serta fungsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *